anekabungahijau

Diposting oleh Admin | Rabu, November 05, 2008

Wilayah Iran yang luas dari segi geografi dan heterogenitas atau keanekaragaman cuacanya, merupakan wilayah yang istimewa. Keluasan dan keanekaragaman ketinggian di berbagai wilayah Iran-telah menyebabkan heterogenitas iklim di negeri ini. Sehingga perbedaan suhu atau derajat antara daerah terpanas, dan terdingin di Iran secara rata-rata antara 30 sampai 40 derajat celcius. Dan dikarenakan adanya heterogenitas udara di Iran, maka dalam satu masa kita dapat menyaksikan empat musim yang berbeda.

Dalam iklim yang heterogen ini, tumbuh berbagai jenis tumbuhan. Di sejumlah perkebunan terdapat berbagai jenis buah-buahan. Keanekara-gaman jenis tumbuhan Iran mendekati 8.000 jenis yaitu dua atau tiga kali lipat lebih banyak dari jenis tumbuhan di seluruh benua Eropa.

Salah satu dari tanda kebesaran Tuhan, adalah heterogenitas buah buahan yang diciptakan untuk manusia. Kali ini, kami akan mengenalkan berbagai jenis buah buahan dan khasiatnya untuk kesehatan. Kami pilih buah strawbery sebagai buah pertama yang akan kami perkenalkan. Nah saudara, tetaplah bersama kami.

Strawbery dengan nama ilmiyahnya Fragaria Vesca merupakan buah yang bisa dimakan, di mana akarnya tumbuh secara liar di berbagai daerah pegunungan Iran khususnya di utara dan Barat laut serta Barat Iran. Hanya saja, berbagai keluarga Strawbery juga banyak dibudidayakan di berbagai wilayah Iran lainnya.

Dari segi ciri khusus lahiriahnya, strawbery adalah tumbuhan keluarga rumput yang memiliki dahan dua jenis, jenis rebah dan tegak. Ketinggian jenis tegak mencapai 8 sampai 15 sentimeter dan ujungnya berakhir dengan bunga. Daunnya terdiri dari tiga daun kecil bergigi dengan ekor panjang dan berwarna hijau cerah. Bunga-bunganya teratur, berwarna putih, dan berkumpul dalam jumlah dua sampai lima atau bahkan lebih.

Kelopak bunganya terdiri dari lima bagian dengan warna hijau, dengan diselimuti lima lembar tampuk bunga. Kelompak dan tampuk bunga strawbery, tetap bertahan sekalipun buahnya sudah tumbuh. Buah strawbery sangat lezat dan dan memiliki khaziat penguat, menambah nafsu makan, penenang, dan kaya vitamin. Pertumbuhan dan pengembangbiakan strawbery bukan hanya melalui benih, melainkan juga melalui akar tumbuhan. Akar yang keluar dari dahan tumbuhannya, tertanam ke dalam tanah pada jarak yang agak jauh, dan tak lama kemudian, tumbuhan baru akan tumbuh.

Organ kimia Strawbery tergantung kepada genetiknya yang berbeda, dan juga masa panen, tempat pemeliharaan serta apakah buahnya sudah benar benar masak atau relatif masak.

Secara umum, strawbery memiliki 81 hingga 87 persen air, 3 hingga 13 persen glukos dan lulez, bahan lemak, asid-asid bebas (dalam bentuk Asid Molik, Asid Sitrik, Asid Winik, dan asid laktik) vitamin C yang banyak dan sedikit vitamin B, A, E dan K. Selain itu, strawbery memiliki kandungan zat besi, sodium, dan fusfor, Meniziyum, belerang, kalsium, silis, yodium dan banyak lagi bahan lainnya.

Dari segi khasiat medikalnya, akar, daun dan buah strawbery memiliki khasiat yang berbeda. Daun dan akar srawbery bisa melancarkan buang air kecil, caranya adalah dengan merebus daun strawbery dan menyeduhnya dalam bentuk teh. Teh yang dibuat dari daun Strawbery sangat enak rasanya. Rebusan ini juga bermanfaat untuk cuci darah, mengorganisir kerja anggota badan serta menenangkan urat syaraf.

Untuk pemakaian luar, rebusan akar dan daun stratwbery bisa digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Dari daun strawbery yang telah dikeringkan dapat dibuat salep yang diyakini dapat menyembuhkan bisul dan luka-luka infeksi.

Untuk penggunaan luar, perasan strawbery diyakini dapat dioleskan ke muka untuk menghilangkan bercak-bercak hitam di wajah. Perasan strawbery juga bermanfaat untuk pergantian kulit. Caranya, air buah strawbery yang baru dicampur dengan sedikit susu dan setelah beberapa jam kemudian dioleskan ke wajah. Setelah itu, dibilas dengan perasan bunga mawar.

Buah strawbery berkhasiat juga merangsang nafsu makan. Memakan strawbery begitu berfaedah untuk menguatkan kerja usus dan melancarkan buang air besar. Karena itu, dengan memakan buah strawbery, badan akan memperoleh unsur-unsur mineral berfaidah seperti kalsium dan zat besi serta fosfor, di samping juga kandungan vitamin C. Dari itulah, buah strawbery sangat berkhaziat untuk para penderita TBC dan kurang darah jugasecara umum bermanfaat bagi orang yang sedang sakit.

Strawbery dikarenakan kaya vitamin C, memiliki pengaruh anti eskorbut yang kuat dimana akan menghilangkan dampak-dampak kekurangan vitamin C.

Patut anda ketahui, bahwa strawbery banyak yang terkontiminasi oleh pupuk, atau tanah dan debu, telur ulat, dan mikroba lainnya dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit. Maka sebelum memakannya, terlebih dahulu harus dicuci bersih. Dan setelah dicuci bersih, dianjurkan agar direndam di dalam air gula, dan kemudian dicuci lagi, baru kemudian siap dimakan.

Saudara pendengar, sebagai penutup, perlu disebutkan, bahwa strawbery dengan semua khasiat positifnya, bagi sebagian orang adalah sangat sensitif atau menyebabkan alergi. Jadi, orang yang memiliki pencernaan yang peka dan mereka yang menderita penyakit alergi seperti selesma (flu), asma dan eksim dsb, maka sebaiknya tidak memakan buah ini.

0 komentar